fadjarp3g

Situsnya Guru Matematika

BAGAIMANA CARA MATEMATIKA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PARA SISWA?

fs.jpg
Naskah tentang higher order thinking skill ini pernah dimuat di majalah Median yang diterbitkan LPMP (Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan) Popinsi Jawa Timur. Jika Anda ingin membaca, sudi kiranya mengklik pada kata berikut DownLoadPuanTkTinggi.

Jika Anda memiliki komentar, sudi kiranya mengklik judul artikel di atas lalu memberi komentar di bawah ini.

Agustus 23, 2007 - Posted by | Artikel | , , ,

22 Komentar »

  1. siang pak, gimana ya pak kita sebagai guru matematika bisa mengajar dengan baik,agar siswa2 kita bisa nangkap, apa perlu menguasai metode2 tertentu palagi kita kekurangan buku2 panduan pembelajaran khususnya matematika smk tp hanya dikupang lho, trus pak gimana ya pak agar setiap pembelajaran yang diberikan oleh bapak2 widyaswara khususnya transparannya bisa dicopy kekita biar ilmunya bisa terserap, sori banyak maunya

    Komentar oleh diana | Agustus 30, 2007 | Balas

  2. Selamat siang juga Ibu Diana. Yang pertama, para siswa harus tidask boleh takut untuk belajar matematika. Setelah itu ia harus merasakan berhasil melaksanakan tugas dari IBu, sehingga ia termotivasi untuk belajar. Karenanya, pembelajaran harus dimulai:
    dari yang mudah ke sukar.
    dari yang konkret ke abstrak,
    dari yang sudah diketahui ke yang belum diketahui.

    Komentar oleh fadjarp3g | Agustus 30, 2007 | Balas

  3. Pak Fajar,
    Menarik membaca artikel yang ada pada blog bapak ini. BTW, apakah artikel2 lepas ini sdh dibukukan atau dipublikasikan di majalah ilmiah/jurnal? Ini akan lebih menarik sehingga dapat dimanfaatkan/ diacu sbg referensi standar penulis skripsi/thesis misalnya. Keep working hard.

    Komentar oleh Arisman Adnan | April 3, 2008 | Balas

  4. Terima kasih pendapatnya bahwa menurut Bapak menarik membaca artikel yang ada pada blog bapak ini. Artikel2 lepas ini sdh dipublikasikan di majalah ilmiah/jurnal namun belum dibukukan. Mdh2an ada yang berminat untuk membukukan. Terima kasih dukungannya bahwa akan lebih menarik sehingga dapat dimanfaatkan/ diacu sbg referensi standar penulis skripsi/thesis misalnya. Once nagain, BTW thank you very much indeed for your support. Keep working hard too brother.

    Komentar oleh fadjarp3g | April 3, 2008 | Balas

  5. Assalamu Alaikum wr.wb.
    bisa minta alamat emailnya Pak. soalnya aku ingin konsultasi
    tentang beberapa soal-soal matematika baik dari buku-buku cetak maupun dari soal olimpiade. terima kasih Pak, sebelumnya.

    Komentar oleh safruddin | Mei 1, 2008 | Balas

  6. wAssalamu Alaikum wr.wb.
    Alamat email saya fadjar_p3g@yahoo.com . Saya sarankan soalnya ditulis di web saja, karena dapat dibaca teman lain, sehingga teman lain yang dapat menyelesaikan soal itu dapat membantu juga. Begitu huga Jawaban teman tsb atau saya dapat dibaca teman yang lain juga. Soalnya sudah saya terima, namun soal 1 tidak ada gambarnya, no 2 Ok, no 3 tidak jelas mungkin bilangan yang dibagi adalah 88573 ya, No 4 Ok, No 5 tidak ada gambarnya. ABCD pada soal no 5 apa ya? Terima kasih Pak soalnya nanti saya carikan jawabnya. SEbaiknya soalnya ditulis di web saja ya. agar bisa dibantu teman lain. Ok?

    Komentar oleh fadjarp3g | Mei 2, 2008 | Balas

  7. Pak Fajar,
    Perkenalkan nama saya Lewy Lukas, mahasiswa S2 Pendidikan matematika Univ.Sriwijaya.
    Saya tertarik dengan artikel Bapak tentang higher order thinking skill dan berencana menyusun tesis tentang pengembangan soal higher order thinking kelas akselerasi,saya membutuhkan buku-buku referensi sebagai landasan teori. Saya mengharapkan saran dan masukan Bapak.Terima kasih

    Komentar oleh lewylukas | Oktober 30, 2008 | Balas

  8. Pak Lewy Lukas, terima kasih dukungannya. Buku-buku referensi saya ttg HOT juga sangat sedikit pak. Cuma saya hanya berani saja untuk menulis ttg HORT karena saya punya dasar ttg definisinya saja. Selebihnya didasarkan pada pengalaman sebagai guru matematika selama 22 tahun dan instruktur Proyek PKG (Pemantapan Kerja Guru), serta WI. Untuk menulis tesis memang dibutuhkan data dan sumber yang lebih banyak. Saya dan teman2 memang mempunyai beberapa buku-buku dan bahan diklat ttg HOT, namun saya tidak tahu apakah memang bahan tersebut yang dibutuhkan Bapak. Apalagi jarak Yopgya dan Palembang tidaklah dekat.

    Komentar oleh fadjarp3g | Oktober 31, 2008 | Balas

  9. Thanks untuk tanggapannya,
    Salut untuk Bapak, hanya dengan sedikit referensi dan ditambah dengan jam terbang Anda yang tinggi, sudah dapat membuat tulisan yang cukup baik, sehingga merangsang saya untuk tahu lebih banyak tentang higher order thinking.
    Saya juga mengharapkan bantuan rekan-rekan sejawat memberi info referensi tentang HOT skill.
    Informasi dapat dikirim ke email saya lewylukas@yahoo.com
    Untuk Pak Fajar tetap update terus blognya dengan info terbaru yang pasti bermanfaat untuk kemajuan pendidikan Indonesia.
    Tetap semangat!!

    Komentar oleh lewy lukas | Oktober 31, 2008 | Balas

  10. Untuk Pak lewy lukas, TK dukungannya. Mudah2an Bapak cepat berhasil sehingga lebih cepat untuk mendarmabaktikan ilmunya. Amin. Kalau berhasil, jangan lupa diinfokan di weblog ini ya.

    Komentar oleh fadjarp3g | November 2, 2008 | Balas

  11. q pingin pintar cara matematika cepat tapi kenapa
    q bingung ya !!!!!!!!!!!!!!!!

    Komentar oleh rere | Agustus 28, 2009 | Balas

  12. pak fajar,saya dah baca sebagian artikel bapak.dan coba buka beberapa powerpoin bapak.jika berkenan tolong saya dikirimi power poin pembelajaran diagram tingkat SD/MI.trimakasih,syukron kattsir…

    Komentar oleh Akhmad Thontowi | Januari 30, 2010 | Balas

  13. assalamu’alaikum…pak saya mhsw s1 pgsd..salah satu program kuliah di semester 5 adalah adanya pengkonsentrasian mata kulaih..ada 5 konsentrasi yang ditawarkan yaitu konsentrasi matematika, bhs inggris, bhs indonesia, ips, dan ipa…rencananya saya tertarik pada 3 konsentrasi disertai alasannya.yang pertama saya tertarik ke ipa,karena dulu saya pernah masuk kejurusan ipa saat di SMA,mungkin nilai saya akan terbantu karena saya punya pengalaman di IPA kedua, saya tertarik pada kons. bhs inggris, karena itu mata pelajaran pavorit saya, saya selalu bersemangt untuk belajar bhs inggris,dan terakhir adalah matematika,saya tertarik ke matematika karena saya merasa sangt kurang sekali penguasaan berhitung saya, saya takut nilai saya jeblok disana. dilain pihak saya takut tidak bisa mengajar mtk suatu saat ketika saya terjun mengajar,karena saat ini saya belum mengajar)tapi ketika saya bimbingan ke kepembimbing saya,saya disuruh untuk tidak memilih konsentrasi matematika..bagaimana tuh pak saya bingung,???

    Komentar oleh sri mulyani | Februari 18, 2010 | Balas

  14. siang pak gmn ya pak cara cepat untuk menaklukan matematika soalnya dlm pelajaran ini saya selalu mendapat kebingungan mengisi soal matematika bisakah saya menjadi bisa matematika?????

    Komentar oleh TIFFANY | April 28, 2010 | Balas

    • ingin bisa matematika, dimulai dari diri anda sendiri !!!
      ukan dari tips org lain

      Komentar oleh Hardi D'Kanzaz | September 21, 2011 | Balas

  15. mkasih pak atas powerpointnya,,smoga anak didik saya semangat buat belajar

    Komentar oleh khusnul kh | Juli 16, 2010 | Balas

  16. Yth Bapak Fadjar
    Saya seorang guru matematika SMP
    Saya berharap ingin mengetahui lebih banyak tentang pembelajaran dengan pendekatan RME yang di Indonesia dianggap “baru” (di Belanda sejak tahun 1971, ada yang mengatakan mulai 1968).
    Tahun 2008 saat saya diklat sertifikasi di P4TK Yogya, pendekatan ini belum diberikan.
    Dan pada tulisan/artikel bapak diatas, baru disinggung sedikit. Mohon kiranya bapak membuat artiket tentang RME, agar kami para guru bisa bertambah pengetahuan, dan tidak ketinggalan.
    Terima kasih sebelumnya.

    Komentar oleh amin raharjo,spd | November 20, 2010 | Balas

  17. saya mau pintar

    Komentar oleh david | Mei 19, 2011 | Balas

  18. saya juga punya masalah terhadap guru, tidak memberi peluang bagi beberapa siswa yg belum mengerti, padahal mereka sebenarnya bukan tidak mengerti tetapi kurangnya perhatian dari guru tsb, hingga akhirnya siswa merasa bosan, malas, dan tidak ingin belajar matematika lagi, jadi saya mohon untuk commentnya,,,
    thanks.

    (saya juga adalah siswa yg bersangkutan)

    Komentar oleh Hardi D'Kanzaz | September 21, 2011 | Balas

    • Ya, sebagai murid saya sarankan agar Hardi mau tetap belajar dengan sungguh2 dan tekun. Karena kebaikan dan keberhasilan itu untuk Hardi sendiri. Ok? Jangan cepat putus asa. Untuk Bapak dan Ibu Guru tetaplah berjuang juga dengan sungguh2 dan tekun untuk membantu para siswanya agar berhasil.

      Komentar oleh fadjarp3g | Oktober 17, 2011 | Balas

  19. Bagaimana cara untuk bisa memahami matematika tingkat tinggi?

    Komentar oleh Febrianto | November 18, 2011 | Balas

  20. pak fadjar saya butuh bukunya tentang higher order thinking skill

    Komentar oleh Cumen Cuco-chuit (@CucoChuit) | Januari 28, 2013 | Balas


Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 47 pengikut lainnya.

