fadjarp3g

Situsnya Guru Matematika

Penalaran, Mengapa Penting Dipelajari?

Artikel yang pernah dimuat di majalah Gerbang – Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ini ingin menunjukkan pentingnya kemampuan bernalar para siswa, sehingga mereka harus mempelajarinya. Selamat menikmati. JIka Anda ingin membaca, sudi kiranya mengklik pada kata berikut DownLoadPenalaran. JIka Anda memiliki komentar, sudi kiranya mengklik judul artikel di atas lalu memberi komentar di akhir artikel tersebut.

Agustus 8, 2007 - Posted by | Artikel | , ,

11 Komentar »

  1. Jika Bapak dan Ibu memiliki pertanyaan atau kritik tentang artikel di atas, sudilah mengetik pada format di bawah ini lalu klik “submit Comment.” OK? Terima kasih ya.

    Komentar oleh fadjarp3g | Agustus 21, 2007 | Balas

  2. bagaimana cara belajar matematika yang baik dan menyenangkan bagi anak didik agar peserta didik tidak merasa jenuh bahkan takut bila berhadapan dengan matematika

    Komentar oleh alex | Agustus 30, 2007 | Balas

  3. bagaimana cara seorang guru mengajar matematika agar peserta didik tidak merasa jenuh bahkan takut terhadap mata pelajaran tersebut.

    Komentar oleh alex | Agustus 30, 2007 | Balas

  4. Syallam sejahtera…
    Aku senang banget bisa bertemu dengan bapak, karena begitu banyak hal yang saya peroleh dari bapak didalam mempelajari matematika khususnya pada materi logika

    Komentar oleh ERVIEN BRIA, S.Pd | Agustus 30, 2007 | Balas

  5. Untuk Bapak Alex dan Ibu Ervien Bria, terima kasih ya.
    Anak tidak akan senang belajar matematika jika ia selalu gagal mempelajarinya. Karena itu, yang pertama kali dilakukan, proses pemebelajaran harus dimulai dari yang mudah, baru ke yang sedang, dan diakhiri dengan yang sulit.
    Cobalah untuk belajar menggunakan pembelajaran realistik atau kontekstual selama di PPPPTK Matematika ya.

    Komentar oleh fadjarp3g | Agustus 30, 2007 | Balas

  6. dear pak Fadjar. perkenalkan, saya whinda. mahasiswi semester 7 S1 reguler fakultas Psikologi UI. Saat ini, saya tengah mendapat tugas untuk menyusun sebuah alat ukur, dan saya beserta kelompok memutuskan untuk menyusun alat ukur mathematical reasoning. tujuannya adalah untuk mengetahui kemampuan mathematical reasoning siswa-siswa yg akan memasuki jurusan IPA. tapi, Saya beserta kelompok belum menemukan defiinisi jelas dan dimensi serta indikator dari konstruk mathematical reasoning tersebut. apakah bapak bisa membantu saya dimana bisa menemukan referensi tentang mathematical reasoning? apakah bapak memiliki tulisa pembahasan tentang mathematical reasoning?
    terimakasih atas ya pak sebelumnya atas kesediaan bapak untuk membantu saya.
    takzim,
    whinda

    Komentar oleh whinda | Oktober 24, 2007 | Balas

  7. Winda, terima kasih ya. Maaf terlambat karena saya bertugas ke Kupang, NTT dan tidak sempat membuka email dan blog saya.

    Saya mendukung jika Anda belajar menyusun alat ukur mathematical reasoning dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan mathematical reasoning siswa-siswa yg akan memasuki jurusan IPA. Kalau bisa hasilnya di kirim ke saya juga ya.

    Anda dapat menemukan referensi yang berkait dengan mathematical reasoning di:
    1. http://www.stolaf.edu/people/steen/Papers/reason.html
    2. http://www.standard.nctm.org atau melalui http://www.nctm.org sehingga minimal ada 3 hal yang dapat dikembangkan, yaitu:
    * melakukan dan menginvestigasi dugaan
    * mengembangkan dan mengevaluasi argumen
    * memilih dan menggunakan berbagai tipe penalaran (menurut pendapat FS termasuk di dalamnya adalah penalaran induktif dan deduktif)

    3. Peraturan Dirjen dikdasmen No 506/C/PP/2004 tentang indikator penalaran dan komunikasi, yaitu:
    # menyajikan pernyataan mat secara lisan, tertulis, gambar, dan diagram
    # mengajukan dugaan
    # melakukan manipulasi matematika
    # menarik kesimpulan, menyusun bukti, memberikan alasan atau bukti terhadap beberapa solusi
    # menarik kesimpulan dari pernyataan (menurut FS, ini termasuk modus ponen, modus tolens, dan syllogieme)
    # memeriksa kesahihan suatu argumen
    # menemukan pola atau sifat dari gejala matematis untuk membuat generalisasi.

    Dari beberapa sumber di atas dan ditambah dengan sumber lainnya, dapatlah disusun tugas tersebut. Good luck.

    Komentar oleh fadjarp3g | Oktober 27, 2007 | Balas

  8. Salam,
    Saya mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia jurusan Pend. Matematika sedang menyusun skripsi yang berjudul “Peran Hands on Activity dengan Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan untuk Peningkatan Geometrical Reasoning Siswa SMP”.

    Metode penelitian yang digunakan Eksperimen dengan kelas kontrol: menggunakan strategi pembelajaran PAKEM. Saya menemui kesulitan untuk membuat evaluasi untuk kompetensi penalaran (Penalaran geometri)bagi kelas ekperimen dan kontrol.

    Saya hanya punya sedikit literatur tentang Hands on Activity.

    Jika bapak berkenan, mohon sarannya.
    Saya haturkan terimakasih sebanyak-banyaknya.

    Salam,
    Iin Rahmawati

    Komentar oleh Iin Rahmawati | Mei 25, 2009 | Balas

  9. pak, saya sedang mencari indikator kemampuan penalaran siswa untuk penelitian skripsi. kalau ada, tolong saya dikirimi via e-mail. terima kasih

    Komentar oleh tari | Desember 4, 2009 | Balas

  10. assalamualaykum pak…
    saya sedang mencari referensi untuk penilaian kemampuan penalaran dan komunikasi untuk skripsi saya. saya bingung sekali karena ini pengalaman pertama saya harus menilai siswa dan tidak/belum menemukan referensi yang tepat… saya mohon kalau bapak punya bapak sudi mengirimkan pada saya…
    terimakasih.. kalu bahasa maduranya sakalangkung pak ya??? he2… matur nuwun pak..

    Komentar oleh aida | Maret 4, 2010 | Balas

  11. Untuk mbak Aida, jawaban saya seperti pada point 7 di atas. Ok?

    Komentar oleh fadjar | Maret 8, 2010 | Balas


Tinggalkan Balasan

