fadjarp3g

Situsnya Guru Matematika

Pentingnya Pemecahan Masalah

Paper yang pernah dimuat di majalah LPMP Jawa Tengah ini akan membahas: (1) Contoh proses pemecahan masalah? (2) Apa arti pemecahan masalah?(3) Langkah-langkah proses pemecahan masalah.  (4) Mengapa pemecahan masalah itu penting dipelajari? Jika Anda berminat membacanya klik pada kata berikut DownLoadArtikelProbSol . JIka Anda ingin memberi komentar atau saran, sudilah mengklik judul di atas, tunggu sebentar, lalu ketik pada tempat yang disediakan.

September 5, 2007 - Posted by | Artikel | ,

5 Komentar »

  1. Bapak…
    Langkah PM (Pemecahan Masalah) ada 4 tahapan ya…
    itukan membuat siswa jadi bosan dan monoton, dimana menariknya?
    kemudian katanya dengan PM akan melatih siswa berfikir kreatif, kritis, sistematis dan logis, ko bisa ya pa? Bukankah dengan langkah PM itu siswa menjadi berbuat prosedural dan tidak kreatif lagi? apalagi kritis sepertinya sulit deh pa?
    Nah kalau sistematis mungkin saja…
    pertanyaan berikutnya, mencari suatu masalah (sebagai motivasi)diawal pembelajaran itu tidak mudah ya pa…(itu bagi saya loh) nah kalau bisa kasih tahu dong penjelasan apasih bedanya problem solving dengan solve problem (maaf kalau salah nulisnya)?
    Nah loh jadi banyak PR nih buat Pa WI…
    Maaf pa itu bukan nguji tapi memang karena ketidaktahuan saya saja, yang kadang mengganggu dalam benak sesaat kalau mau mengajar.
    makasih ya pa…

    Komentar oleh rbaryans | September 10, 2007 | Balas

  2. Terma kasih untuk pak rbaryans.
    1. Ya menurut Polya begitu, ada empat langkah pemecahan masalah. jadi harus memahami, merencanakan, melaksanakan, dan mengecek hasilnya.
    2. Ya kalau empat langkahnya prosedural. Biasanya melalui empat langkah itu kan.
    3. Namun benar PM akan melatih siswa berfikir kreatif, kritis, sistematis dan logis, karena suatu soal akan disebut ‘masalah’ hanya jika langkah-langkah pemecahannya belum diketahui si pelaku. Soal 4 x ABCDE = EDCBA di mana huruf yang sama melambangkan bilangan 0-9 yang sama dan huruf yang berbeda melambangkan bilangan yang berbeda bukan merupakan masalah bagi saya sekarang karena langkah-langkahnya sudah saya ketahui. Namun ketika mendapat soal tersebut pertama kali, saya membutuhkan waktu sekitar 1,5 bulan untuk memecahkannya. Di situlah saya belajar untuk berfikir kreatif, kritis, sistematis dan logis.
    4. Saya tidak terlalu tahu pasti apa bedanya. Kalau pemecahan masalah lebih ke pemikirannya, sehingga ada yang mengatakan ia merupakan salah satu metode pembelajaran. Prob-sol lebih ke kata sifat ya. Namun solve problem lebih ke kata kerjaya? Saya harus berpikir keras untuk menjawab pertanyaan ini karena pertanyaan ini baru bagi saya. Jadi masih merupakan masalah. Bisa saja jawaban ini salah semuanya. Pada masyarakat ilmiah memang diperlukan konsensus dan kesepakatan-kesepakatan.
    5. Benar untuk menyusun soal agak sulit. Masalah bisa didapat dari atau memodifikasi hasil dari membaca buku, internet, atau diskusi dengan teman. Kadangkala diperlukan semacam wahyu, seperti ketika Einstein kejatuhan apel. Itulah perlunya perenungan.

    Komentar oleh fadjarp3g | September 11, 2007 | Balas

  3. pak,saya minta jawaban tentang pengertian pemecahan masalah dan pemecahan masalah dalam matematik

    Komentar oleh syarif hidayat | April 26, 2009 | Balas

  4. Pa,Saya ga ngerti tentang PS

    Komentar oleh Novi Andriany | Januari 23, 2010 | Balas

  5. pak kenapa sih pemecahan masalah itu dikatakan penting????

    Komentar oleh dea | April 18, 2010 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: