fadjarp3g

Situsnya Guru Matematika

Apa Implikasi dari Inti Psikologi Kognitif?

Naskah ini dimuat di majalah ‘Limas’ yang merupakan majalah PPPPTK Matematika, Edisi No 22 (April, 2009). JIka Anda berminat membacanya, klik pada kata berikut DownLoad 09 IntiPsikologi . Jika Anda ingin memberi komentar dan saran, sudilah mengklik pada judul di atas, tunggu sebentar, lalu ketik pada tempat yang disediakan di bawahnya’

September 4, 2009 - Posted by | Artikel

3 Komentar »

  1. Psikologi kognitif cenderung membuat siswa menghafal jika guru tidak kreatif dalam mengorganisir genarlisasi-generalisasi konsep-konsep matematika. Psikologi kognitif lebih banyak menekankan Teori Bihavioristik. Sehingga penekanan-penakanan dan pemaksaan sering terjadi, misalnya hafalan. Bahkan meniru prilaku binatang dan diterapkan pada manusia.
    Sekarang kurikulum banyak mengarah ke Teori Konstruktivistik, seperti yang dikatakan Pak Degeng ini http://budielyas.blogspot.com/2009/06/prof-dr-i-nyoman-sudjana-degeng-mpd.html

    Komentar oleh Budi Elyas | September 4, 2009 | Balas

  2. halo, senang bertemu Anda melalui blog ini sy Agus Suhanto, posting yg bagus🙂
    salam kenal yee

    Komentar oleh Agus Suhanto | September 7, 2009 | Balas

  3. Untuk Pak Agus Suhanto, terima kasih. Blog Bapak juga bagus ya. Juga untuk pak Budi, terima kasih.

    Setahu saya, Psikologi Kognitif berbeda dengan Teori Bihavioristik. Psikologi Bihavioristik cenderung membuat siswa menghafal. Mereka mengacu pada batu saja dapat berlubang jika terkena tetesan air berulang-ulang. Psikologi kognitif cenderung membuat pengetahuan yang baru dapat berkait dengan pengetahuan yang lama (meaningful laearning).
    Siapa yang menyatakan bahwa: “Psikologi kognitif lebih banyak menekankan Teori Bihavioristik. Sehingga penekanan-penakanan dan pemaksaan sering terjadi, misalnya hafalan. Bahkan meniru prilaku binatang dan diterapkan pada manusia”?

    Ya Benar. Sekarang kurikulum banyak mengarah ke Teori Konstruktivistik yang merupakan kelanjutan dari psikologi kognitif. Konstruktivisme juga didasarkan pada teori Piaget yang dikenal sebagai penganut Psikologi kognitif.

    Komentar oleh fadjarp3g | September 7, 2009 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: