fadjarp3g

Situsnya Guru Matematika

Report on Education Institutions Visit in Hong Kong (Schools, Universities, Education Bureau, Pre-service and In-service of Mathematics Education): A Part of Benchmarking Programs of SEAMEO QITEP in Mathematics

0 P1020724

Hong Kong merupakan negara yang berhasil dengan gemilang pada kegiatan:

  1. Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS). Siswa HK berada pada posisi 4 dari 38 negara maju. Bandingkan dengan Indonesia yang berada di posisi 34.
  2. Program for International Student Assessment (PISA). Siswa HK berada pada posisi 1 dari 41 negara maju. Bandingkan dengan Indonesia yang berada di posisi 39.

Hasil atau informasi tersebut dapat membantu penentu kebijakan, peneliti, pendidik, dan masyarakat luas mendapatkan gambaran yang lebih menyeluruh tentang kemampuan matematika dan literasi matematika (mathematical literacy) siswa di seluruh dunia.

Hasil yang spektakuler tersebut menunjukkan bahwa sistem pendidikan di HK merupakan sistem terbaik di dunia. Karenanya SEAMEO QITEP in Mathematics mengirimkan TIM ke HK untuk mempelajari kelebihan sistem pendidikan di HK dari 27 November s.d. 03 Desember 2011. Beberapa hal penting yang didapatkan adalah:

  1. Pengetahuan Guru dan Calon Guru Matematika di HK yang berkait dengan materi matematika sangat baik.  Kemampuan bernalar, memecahkan masalah, dan berkomunikasi mereka juga patut diacungi jempol
  2. Orang tua sangat membantu proses pembelajaran matematika. Mereka menganggap matematika sangat penting untuk masa depan dan negara mereka. Budaya agar berhasil mempelajari matematika dengan belajar tekun dan sungguh-sungguh selalu ditanamkan dari generasi ke generasi.
  3. Para siswa sangat taat pada guru. Suasana kelas tidak terlalu ramai namun teratur. Para siswa mengacungkan tangan untuk menjawab pertanyaan guru dan baru menjawab sambil berdiri jika diminta gurunya, sedangkan siswa lain menyimak.

Berikut ini beberapa hasiln BENCH Mark dimaksud.

REPORT BenchMark HongKong

Appendix 1 PGDE

Appendix 2 Math Berau HK

Appendix 3 WS dan ICT

Januari 4, 2012 - Posted by | Artikel, Fotoku, Lain-Lain

1 Komentar »

  1. Terimakasih bapak atas postingannya, ini sangat membantu dalam hal mengakaji pendidikan di Hongkong terutama pendidikan matematika. Bolehkah saya menggunakan beberapa informasi diatas untuk presentasi tugas kuliah saya?
    Terimakasih

    Komentar oleh Pratama Wahyu Purnama | April 3, 2015 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: