fadjarp3g

Situsnya Guru Matematika

Diklat “In-country Training on Joyful Learning in Mathematics Education for Primary School Teachers.” Kolaborasi SEAMEO QITEP in Mathematics dengan Indonesian Overseas Alumni (IOA), 1-5 Agustus 2016, Waingapu, Sumba Timur, NTT

Bertempat di Sekolah Dasar Kristen Nasional Plus ‘Kasih Agape’ telah dilaksanakan diklat untuk 30 guru SD terpilih di Waingapu, Sumba Timur, NTT. Terima kasih untuk Ibu Tanti (tanti@ioa.or.id)  dari IOA (Indonesian Overseas Alumni), Jakarta; Bapak Kadis PPO di Waingapu, Sumba Timur, NTT; Opa Simon Tanto dari Yayasan Perguruan Kristen Kasih Agape, Waingapu, Sumba Timur, NTT; Bpk Yanto dan Bpk Gerson, keduanya Kepala Sekolah di Waingapu, Sumba Timur, NTT yang telah begitu banyak membantu sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik.

Berikut adalah PowerPoint untuk para guru yang mengikuti diklat dimaksud.

2 Current Issue

3 Phylosphical and Psychological of Joyful INDONESIA

4 Pemecahan Masalah

5 OutDoor Math

6 WGP Mathematics and Art

Ini beberapa PowerPoint yang berkait dengan materi pembelajaran matematika SD.

0 Addition and Subtr

1 Addition and Subtrac

2 Addition and Sub

3 BANGUN RUANG I

3 GeoDatarRuangSD

4 Statistika

Chance and Data

Open ended Problem

Tangram

Ini beberapa RPP dari Jepang yang berkait dengan materi pembelajaran matematika SD. KIta Guru SD dapat belajar darinya.

1.TeachingPlan_Kozo_Tsubota

2.TeachingPlan_Hiroshi_Tanaka

3 TP T Seiyama

4 TP Hosomisu

Dari saya, tim fasilitator, harapan setelah diklat untuk teman-teman peserta adalah:

  1. Mencobakan di kelas sendiri di depan siswa sendiri apa yang didapat selama pelatihan. –> Kelas dan siswa yang harus menjadi fokus Anda dan teman-teman Anda peserta diklat.
  2. Mencatat kesulitan dan hambatan ketika mencobakan apa yang didapat selama pelatihan di kelas sendiri di depan siswa sendiri tersebut.
  3. Mendiskusikan dan mencoba mencari jalan keluar secara mandiri dengan teman-teman sesama peserta dan teman-teman di sekolah Anda.
  4. Mendiskusikan dengan fasilitator dari SEAMEO QITEP in Mathematics, jika ketika Bapak dan Ibu peserta pelatihan merasa bahwa jalan keluar sebagai hasil diskusi secara mandiri dengan teman-teman sesama peserta atau teman se sekolah masih perlu diperjelas atau belum ada jalan keluar sebagai hasil diskusi secara mandiri dengan teman-teman sesama peserta pelatihan.
  5. Cobalah untuk mengembangkan kompetensi (profesional, pedagogik, kepribadian dan sosial) diri sendiri dengan mengacu pada permasalahan  pendidikan matematika di kelas sendiri dan di depan siswa sendiri. –> Istilah keren saat ini adalah pedagogical content knowledges. Contohnya, langkah-langkah pembelajaran yanag bagaimana yang harus saya lakukan untuk membantu siswa saya.
  6. Gunakan buku, internet, pelatihan, workshop, seminar dan kegiatan lain dalam mengembangkan kompetensi (profesional, pedagogik, kepribadian dan sosial) secara mandiri. –> Contohnya halaman “OlimpSD1” dan “OlimpSD2” pada http://www.fadjarp3g.wordpress.com diharapkan dapat meningkatkan kompetensi profesional teman-teman guru.
  7. Pengembangan kompetensi (profesional, pedagogik, kepribadian dan sosial) secara mandiri, yang dikenal dengan personal development, akan semakin dibutuhkan, karena akan sangat menentukan kualitas Bapak dan Ibu peserta pelatihan sendiri.
  8. Cobalah untuk mengembangkan kompetensi (profesional, pedagogik, kepribadian dan sosial) diri sendiri dengan mengacu pada permasalahan  pendidikan matematika di kelas sendiri dan di depan siswa sendiri dengan tetap saling berbagi pengalaman dan ide-ide dengan teman-teman sesama peserta pelatihan.
  9. Cobalah untuk mengembangkan kompetensi peserta pelatihan melaui internet seperti:
    1. http://www.fadjarp3g.wordpress.com
    2. http://www.p4tkmatematika.org
    3. http://qitepinmath.org/
    4. lainnya
  10. Agar guru selalu belajar sebagai bagian dari kegiatan PKB = Peningkatan Profesional Berkelanjutan (Continuous Professional Development = CPD). Sekali lagi,  kelas dan siswa Anda yang harus menjadi fokus Anda dan teman-teman Anda peserta diklat. Selamat berjuang, memajukan Sumba Timur sebagai bagian dari memajukan Indonesia.

Agustus 4, 2016 - Posted by | Tak Berkategori

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: