fadjarp3g

Situsnya Guru Matematika

Diriku

Bismillaahirrohmaanirrohiem.

Assalaamu’alaikum wr. wb.

foto

Terima kasih, atas kunjungan Bapak dan Ibu Guru Matematika serta kunjungan adik-adik. InshaAllah akan bermanfaat untuk Bapak dan Ibu Guru Matematika serta adik-adik.

Bapak dan Ibu Guru Matematika yang saya hormati dan saya banggakan serta para siswa yang menyukai Matematika, perkenalkan nama lengkapku: Fadjar Shadiq, M.App.Sc.

Ayahku adalah H Sahwanoedin Djojoprayitno (Almarhum), pensiunan  pegawai Kantor Pembantu Gubernur Madura di Pamekasan sedang ibuku adalah Hj Nasihatoen seorang ibu rumah tangga. Waktu mudanya dan menjadi Kepala Bagian di kantornya, ayahku mengamalkan puasa Nabi Daud, puasa selang hari, sedangkan ibuku mengamalkan puasa Senin – Kamis.

Aku lahir di Sumenep pada 20 April 1955.

Pendidikanku dimulai di SD Manten 1 (1960 – 1967), SMPN 1 Pamekasan (1967 – 1970), SMAN 1 Pamekasan (1971 – 1974), IKIP Negeri Surabaya (1974 – 1978), dan Curtin University of Technology Perth Western Australia (1987 – 1989).

Aku pernah beberapa kali mengikuti kursus dan Latihan Kerja Instruktur (LKI) di PPPG (sekarang PPPPTK) Matematika Yogyakarta. Waktu itu aku menjadi instruktur PKG (pemantapan Kerja Guru) region Kupang. Aku pernah menjadi guru matematika SMPP (Sekolah Menengah Pembangunan) 34 Kupang yang lalu berubah menjadi SMAN 3 Kupang selama 22 tahun. Setelah itu aku menjadi Widyaiswara PPPPTK Matematika sejak 1999 sampai sekarang. Selanjutnya aku ditugaskan juga di SEAMEO QITEP in Mathematics.

Aku pernah mengikuti pelatihan In-service Training  Course for Secondary School Mathematics (ITISMI) di Recsam (Pulau Pinang Malaysia) pada 11 April – 04 Juni 1983 dan pada 26 Februari – 07 April 2001 mengikuti Course PM 0917 di lembaga yang sama; pada 20 Maret – 27 April 1987 mengikuti Short Course for Indonesian Mathematics Teacher on Testing and Assessment King’s College (University of London); dan mengikuti In-service Training Methodologies in Mathematics Education di University of Bristol (Inggris) pada 31 Maret – 26 Mei 1993.

Di samping itu, aku pernah study tour ke Australia (Melbourne pada 1983) untuk belajar tentang pendidikan matematika di sanaSetelah itu aku mengikuti kegiatan tentang ICT (Information and Communication Technology) di Thailand (Chiangmai) pada 15 – 17 Maret 2002. Selanjutnya aku melakukan study tour di Malaysia (SEAMEO-RECSAM Pulau Pinang) pada 26 – 28 Juni 2002 untuk belajar ICT. Mengunjungi Brisbane dan Sydney pada 12 – 20 Agustus 2002 untuk mempelajari penggunaan ICT dalam pembelajaran matematika. Untuk kegiatan yang berkait dengan ICT tersebut, dana yang digunakan berasal dari Pemerintah Australia.

Pada 13 – 16 Desember 2009, aku mengunjungi TImor Leste. Pada waktu itulah aku paham bahwa kata ‘Leste merupakan kata Portugis yang berarti ‘Timur’. Sebagai sesama negara anggota SEAMEO (Southeast Asian Minister of Education Organization) aku ditugaskan untuk mengumpulkan data mengenai kebutuhan guru matematika yang berkait dengan Diklat yang akan dilaksanakan SEAMEO QITEP in Mathematics.

Pada 17 – 22 Februari 2010 aku mengunjungi Jepang (Tokyo) untuk mengikuti kegiatan Seminar ‘Innovation of Mathematics Teaching and Learning Through Lesson Study – Connection Between Assessment And Subject Matter”. Pada 17 – 22 Oktober 2010 aku ditugas untuk mengumpulkan data riset tentang Kurikulum di Negara Anggota SEAMEO di Lao PDR. Pada 5 – 11 Desember 2010 melakukan kunjungan kerja ke University of Western Sydney (Australia).

Pada 15 – 21 Februari 2011 mengunjungi Jepang (Tokyo dan Tsukuba) untuk menghadiri APEC-Tsukuba International Conference V: Innovation of Classroom Teaching and Learning Through Lesson Study, Focusing on Mathematics Textbooks, E-Textbooks and Educational Tools. Pada 26 September – 02 Oktober 2011 aku melaksanakan Diklat untuk Pengawas (Clinical Supervision) di Lao. Pengumpulan data untuk Riset tentang Lesson Study di Negara Anggota SEAMEO dilaksanakan pada 23 – 27 Oktober 2011 dan aku bertugas di Kamboja. Pada 27 November – 03 Desember 2011 aku melakukan kegiatan Bench Marking di  Hong Kong (Schools, Universities, Education Bureau, Pre-service and In-service of Mathematics Education). Pada 07 – 13 Desember 2011 aku mengikuti kegiatan Short Course Programme di Universityof Waikato, Hamilton, New Zealand.

Pada 14 – 18 Februari 2012 aku mengikuti kegiatan The APEC-Tsukuba International Conference VI: Innovation of Mathematics Education through Lesson Study– Challenging from Mathematics Education to Emergency Preparedness Education di Jepang. Pada  5 – 11 Agustus 2012 melaksanakan Diklat tentang ICT (Information and Communication Technology) di Kamboja. Pada 8 – 11 September 2012 aku menghadiri The APEC-Khon Kaen International Symposium 2012: Innovation of  Mathematics Education through Lesson Study.  Challenging from Mathematics Education to Emergency Preparedness Education di Universitas Khon Kaen – Thailand. Pada 27 – 30 November 2012 mengikuti kegiatan HOM (High Official Meeting) SEAMEO di Thailand.

Pada 14 – 18 Februari 2013 aku mengikuti kegiatan The VIIth APEC-Tsukuba International Conference: Innovation of Mathematics Education through Lesson Study– Challenging from Mathematics Education to Emergency Preparedness Education di Jepang. Dari 1 – 31 Maret 2013 mengikuti kegiatan di CRICED, University of Tsukuba as the Gaikokujin Kenkyuin (Visiting Foreign Research Fellow). Pada 1 – 6 September 2013 sebagai fasilitator dalam melaksanakan kegiatan Incountry Course on Teacher Made Teaching Aids for Lower Secondary School Teacher di Vientien, Laos. Pada 3 – 10 November 2013 sebagai fasilitator pada kegiatan Incountry Course for Mathematics Teachers di Davao, the Philippine. Pada 23 November sampai 5 December 2013 dengan Dr Wahyudi; Dra. Pujiati, M.Ed.; dan Drs Rachmadi Widdiharto, M.A. mengkuti Intensive Short Course di School of Education, University of Western Sydney di bawah bimbingan Profeesor Allan. L. White. Pada 10 – 14 Desember 2013 mengumpulkan data tentang Mathematics Regional Wide Assessment (MaRWA) di Manila, the Philippine.

Pada 13 – 16 Februari 2014 aku mengikuti kegiatan The VIIIth APEC-Tsukuba International Conference: Innovation of Mathematics Education through Lesson Study– Challenges to Mathematics Education to Emergency Preparedness Education di Tokyo, Jepang. Pada 14 – 16 Mei 2024 mengikuti pertemuan antara Kementerian Pendidikan Timor-Leste dengan SEAMEO Center (Biotrop, QITEP in Mathematics, QITEP in Science dan QITEP in Language, membicarakan kemungkinan-kemungkinan yang dapat dilakukan SEAMEO Center untuk membantu Timor-Leste. Pada 18 – 22 Agustus 2014 menjadi Nara Sumber pada diklat South East Asian – Realistic Mathematics Education di Timor Leste. Pada 12 – 17 September 2014 menghadiri APEC-Khon Kaen International Symposium on Mathematics Education di Khon Kaen University, Thailand. Mengikuti kegiatan SEAMEO Congress pada 21-22 October 2014 di Bangkok, Thailand. Mengikuti kegiatan REGIONAL CONSULTATIVE MEETING ON SOUTHEAST ASIA PRIMARY LEARNING METRICS (SEA-PLM), di SEAMEO RECSAM, Penang, Malaysia, 4 – 5 November 2014.” Pada 17 – 21 November 2014 melaksanakan MaRWA (Mathematics Regional Wide Assessment) di Timor Leste. Pada 25 – 28 2014 mengikuti HOM (High Official Meeting) SEAMEO di Hotel A Royal Meredien Hotel, Bangkok, Thailand. Pada 31  November – 5 Desember 2014 menjadi Nara Sumber pada diklat Incountry Course on Joyful Learning for Junior Secondary Mathematics Teachers di Phnomp Penh, Kamboja. Pada 15 – 19 Desember 2014 menjadi Nara Sumber pada diklat Incountry Course on Joyful Learning Instruction di Singapura.

Pada 10 – 16 Februari 2015 aku bersama Prof rer nat Widodo, M.Sc menghadiri APEC-Tsukuba International Conference IX: Innovation of Mathematics Teaching and Learning through Lesson Study di Tokyo, Japan. Pada 8 – 11 April 2015 aku bersama Ibu Novriana Sumarti, Ph.D. (Dosen Institut Teknologi Bandung, Indonesia) menghadiri the International Conference: Open Environment for Mathematical Education in APEC Schools and Student Mobility. di MCCME, Moscow, Russia. Selanjutnya, pada 21– 22 Mel 2015 aku bersama Ibu Danti (WI PPPPTK IPA dan Spesialis SEAMEO QITEP in Science, Bandung, Indonesia) menghadiri Workshop on SAMEO Basic Education Standards (SEA BES) di SEAMEO RECSAM, Penang, Malaysia.  Melaksanakan MARWA (Mathematics Region Wide Assessment) di Bandar Seri Begawan, Brunei pada 6-9 Oktober 2015. Selanjutnya melaksanakan MARWA (Mathematics Region Wide Assessment) di Manila, the Philippine pada 11-14 Oktober 2015. Lalu pada 11-19 Oktober 2015 mengikuti Workshop on SAMEO Basic Education Standards (SEA BES) 2 di SEAMEO RECSAM, Penang, Malaysia. Aku juga menghadiri dan menyampaikan makalah pada Conference on Science and Mathematics Education (CoSMEd) di Penang, Malaysia, pada 16 – 19 November , 2015 yang diselenggarakan SEAMEO RECSAM (Southeast Asian Ministers of Education Organisation- Regional Centre for Education in Science and Mathematics). Pada 23-28 November 2015 melaksanakan Diklat SEA RME di Yangon, Myanmar untuk guru-guru Sekolah Indonesia di Myanmar.

Bersama DR Wahyudi, menghadiri the X APEC-Tsukuba International Conference: Innovation of Mathematics Education through Lesson Study, Challenges to Energy Efficiency on STEM and Cross-border Education, di  University of Tsukuba, Tokyo, Jepang pada 12-15 Februari 2016. Selanjutnya mengikuti the Back to Back Meeting: SEAMEO RECSAM-University of Tsukuba Joint Seminar: Searching for Quality Mathematics Curriculum Framework on the Era of Globalization, pada 15-18 Februari  2016, di Tokyo, Jepang. Aku  melaksanakan ‘the 2nd phase of digital classes’ di Manila pada 21-24 Maret 2016. Selanjutnya, aku melaksanakan ‘the 2nd phase of digital classes’ di Brunei Darussalam pada April 11 – 14, 2016, dengan mengunjungi Maktab Sains Paduka Seri Begawan Sultan (MSPSBS) dan Wassan Vocational School (WVS).  Pada 14-18 Oktober 2016 melaksanakan Diklat Joyful Learning di Sabah, Malaysia untuk guru-guru Sekolah Indonesia di Kota Kinabalu. Bersama DR Wahyudi dan Mr Darto (Guru Matematika SMPN 4 Pakem, Jogyakarta, menghadiri the APEC-Khon Kaen International Symposium 2016: Innovation of Mathematics Education through Lesson Study, Challenges to Energy Efficiency on STEM and Cross-border Education” dan ‘International Conference on Educational Research (ICER), di  Khon Kaen University, Khon Kaen, Thailand pada 12-15 November 2016.

Bapak dan Ibu Guru Matematika yang saya hormati dan saya banggakan serta para siswa yang menyukai Matematika, di samping itu, aku menjadi Anggota Tim Penulis Soal OSN (Olimpiade Sains Nasional) tingkat SD dari 2003 sampai sekarang, dan juga menjadi Anggota Tim Juri OSN di Pekanbaru, Jakarta, Semarang dan Medan pada 2004, 2005, 2007, 2010, 2013 dan 2014. Menjadi anggota Tim Juri IMSO (International Mathematics and Science Olympiad) di Jakarta, Mataram (Lombok) dan Yogyakarta pada 2004, 2008, 2009 dan 2010. Juga menjadi Anggota Tim Juri Lomba Guru Berprestasi tingkat Nasional pada 2003, 2004, dan 2007 dan Anggota Tim Juri Lomba Keberhasilan Guru tingkat Nasional pada 2004, 2005, dan 2007.

Cukup dahulu ya perkenalan kita. Jika Bapak dan Ibu Guru yang terhormat serta adik-adikku yang tercinta memiliki masalah yang berkaitan dengan peembelajaran matematika, sudilah mengirimkan masalah tersebut ke alamat saya ini. Mudah-mudahan saja saya dapat membantu. Saya yakin bahwa saya akan belajar belajar banyak juga dari masalah yang Bapak dan Ibu kirimkan. Sekali lagi terima kasih. Foto di bawah ini adalah foto-fotoku ketika di Madura, Australia, Jepang dan Rusia.

Copy of belajar rajin 5A Copy of bule 1A FadjarOpHouse 1 keluargaku 1A KingsColleger wisuda 1

????????????? ?????????????

 

penang 1

 

20141212_131204

IMG-20151026-WA0014

Wassalaamu’alaikum wr. wb.

70 Komentar »

  1. Assalamu’alaikum..

    Saya baca tulisan Bapak tentang eksplorasi maatematika di blog Bapak. Saya membutuhkan buku tentang “Mathamatical exploration” dari Tran Vui atau buku lainnya. Kiranya Bapak bisa membantu saya.

    Saya sedang kuliah S2 Pendidikan Dasar di UPI dan tertarik dengan tema tersebut. Untuk melengkapi sumber saya memerlukan sumber tersebut.

    Komentar oleh dindin abdul muiz l | Juli 7, 2008 | Balas

  2. wAssalamu’alaikum..
    Saya punya tulisan tentang “Mathamatical exploration” dari Tran Vui atau buku lainnya dan Bapak bisa mengopinya. Namun bagaimana caranya? Sy di Yogya dan Bpk di Bandung ya. Mudah2an suatu saat kita bisa ketemu.

    Komentar oleh fadjarp3g | Juli 7, 2008 | Balas

  3. Assalamualaikum wr.wrb
    Senang sekali bisa buka blog Pak Fadjar, tentu saja banyak manfaat buat saya. Kapan kita bisa ketemu lagi?
    Selamat berjuang, inovasi tak pernah berakhir.

    Komentar oleh Untung P. Haryadi | Agustus 8, 2008 | Balas

  4. Wassalamu’alaikum pak Untung P. Haryadi. Terima kasih dukungannya.

    Komentar oleh fadjarp3g | Agustus 9, 2008 | Balas

  5. Assalaamu’alaikum Pak Fadjar,

    senang mengunjungi blog eksak ini. semoga barokah…

    wassaaam,

    Komentar oleh pakarfisika | Agustus 14, 2008 | Balas

  6. WA alaikumus salam wr. wb.
    Terima kasih untuk pakarfisika (Pak AR Fisika) ya. Semoga blog Bapak juga barokah… Amin.
    wassalaam,

    Komentar oleh fadjarp3g | Agustus 15, 2008 | Balas

  7. Assalamualakum.. Pak Fadjar..
    saya iseng-iseng melihat blog bapak, ternyata isinya sangat menarik, terutama tentang pembelajaran matematika.

    Kebetulan saya sedang mencari metode pembelajaran yang tepat untuk siswa SMA.

    Apakah bapak punya tips atau metode yang tepat untuk mengajarkan matematika, khususnya bagi siswa SMA, agar matematika bisa dipelajari dengan menyenangkan sekaligus menghilangkan imej bahwa matematika itu pelajaran yang menakutkan.

    terima kasih, wasalam.

    Komentar oleh irfa | Agustus 28, 2008 | Balas

  8. WAssalamualakum.. mbak Irfa ..
    Terima kasih dukungannya.

    Tips yang tepat untuk mengajarkan matematika, khususnya bagi siswa SMA, adalah:
    1. Yakinkan siswa bahwa ia akan bisa belajar Mat jika ia berusaha.
    2. Mulai pembelajaran dengan suasana yang menyenangkan.
    3. Usahakan agar pembelajaran dapat diikuti semua siswa siswa. Karena itu, pembelajaran matematika harus dimulai dari:

    yang mudah ke yang sedang ke yang sulit
    yang sederhana ke yang sedang ke yang rumit
    yang diketahui ke yang belum diketahui
    yang nyata (real atau konkret) ke yang abstrak
    yang dekat ke yang jauh

    Selanjutnya, belajarlah dari kesalalahan siswa dengan berusaha untuk mengetahui mengapa siswa melakukan hal terebut, lalu berupayalah agar tidak ada siswa lain yang akan melakukan kesalahan yang sama.

    Ok? Itu hanya tips singkat. Selamat untuk mencoba.

    Komentar oleh fadjarp3g | September 2, 2008 | Balas

  9. Perkenalkan kami dari PT. Software Farmer Indonesia yang bergerak di bidang Pemasaran dan Implementasi untuk Produk dan Jasa Software berbasis Data Capturing & Document Management System.
    Salah satu produk kami adalah smartmarkreader (SMR), software untuk desain dan koreksi LJK. Sudah terbukti untuk UAN, UASBN Jatim, ujian CPNS dan ujian yang lain.

    Salam kami,

    Arif Darmawan
    Customer Service Manager
    PT. Software Farmer Indonesia
    http://new.smartmarkreader.com
    email:newrocknese@yahoo.com

    Komentar oleh Arif Darmawan | September 23, 2008 | Balas

  10. Untuk yang membutuhkan smartmarkreader (SMR), software untuk desain dan koreksi LJK yang Sudah terbukti untuk UAN, UASBN Jatim, ujian CPNS dan ujian yang lain, langsung saja menghubungi PT. Software Farmer Indonesia atau melalui:
    Arif Darmawan
    Customer Service Manager
    PT. Software Farmer Indonesi

    Komentar oleh fadjarp3g | September 27, 2008 | Balas

  11. Assalamu ‘alaikum Wr. Wb
    Pak Fadjar, saya adalah salah seorang peserta Diklat guru pengembang Matematika angkatan 8. Saya sangat berterima kasih dengan materi yang disajikan dalam diklat dan cerita-cerita yang menarik. Untuk Blog Bapak, Insya Allah saya akan sering mengunjungi untuk mendapatkan informasi yang up to date. Sekali lagi terima kasih. Wassalamu ‘alaikum Wr. Wb

    Komentar oleh Toto Suhartono | Oktober 22, 2008 | Balas

  12. Untuk pak Toto Suhartono terima kasih dukungan dan kunjungannya.

    Komentar oleh fadjarp3g | Oktober 24, 2008 | Balas

  13. asskum pak apa mas ya? maaf sekali agar lebih sopan saya panggil bapak saja. hehe.
    pak fajar yang terhormat, saya sedang mengerjakan skripsi dan tepat sekali saya sepertinya mememukan blog anda. saya masi kesulitan memenukan contoh kasus / masalah dalam pembuatan skripsi saya berkaitan dengan pembuatan, pemanfaatan dan contoh blog e-learning. dapatkah bapak membantu?
    hal apa saja yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan dalam pembuatan blog e-learning yang berbasiskan wordpress tentunya.
    besar harapan saya mendapatkan saran ataupun bantuan dari pak fadjar. wasskum wr wb.

    kalau tidak keberatan saya menjadikan blog bapak sebagai contoh blog e-learning dalam skripsi saya. atau bapak Fadjar mempunya referensi yang lebih baik?

    e-mail saya ryulee_truly_rule@yahoo.com atau friendster http://www.friendster.com/ryulee

    Komentar oleh ryuleetrulyrule | November 17, 2008 | Balas

  14. Wasskum untuk mas ryuleetrulyrule yang terhormat juga. Selamat berjuang untuk mengerjakan skripsi yang berkait dengan blog. hal yang paling diperhatikan dan dipertimbangkan dalam pembuatan blog e-learning yang berbasiskan wordpress adalah memaksimalkan kelebihan komputer, e-learning, dan blog. Untuk komputer sendiri yang harus dieksplor lebih banyak di antaranya:
    1. Kelebihan animasinya
    2. Kelebihan warna, pengaturan munculnya gambar, suara, maupun tulisan.
    Selanjutnya, yang perlu diperhatikan berkait dengan didaktik-metodiknya adalah bagaimana agar proses pembelajarannya dapat memfasilitasi siswa untuk membangun sendiri pengetahuan seperti yang dituntut konstruktivisme, pembelajaran matematika realistik, pembelajaran kontekstual, maupun pembelajaran lainnya. Saya tidak
    keberatan jika mas menjadikan blog saya sebagai contoh blog e-learning dalam skripsi saya. Coba tanya mas tamim dari p4tk juga, mungkin mas tamim punya referensi lain. alamatnya dapat diLihat pada ‘TAUT’ di bagian kanan ya. Wassalamu’alikum wr. wb.

    Komentar oleh fadjarp3g | November 17, 2008 | Balas

  15. baik terimakasih banyak pak Fadjar. saran bapak menjadi sebuah referensi untuk saya. wassalam. -ryulee-

    Komentar oleh ryuleetrulyrule | November 20, 2008 | Balas

  16. P4TK itu yang ada di Jogja ya Pak? Panjenengan ngasta di sana? Mas Yuliawanto masih di sana tidak? salam untuk mas Yuli kalo beliau masih di sana, saya adiknya di SMA 3.

    arkhadipustaka.blogspot.com

    Komentar oleh arkhadi pustaka | November 27, 2008 | Balas

  17. Untuk mas arkhadi pustaka, benar bahwa P4TK itu ada di Jogja. Benar juga Mas Yuliawanto masih di P4TK. Mas Yuli sekarang sedang tugas ke Solo. Ini no hp-nya 08122957713. Salamnya langsung di-sms-kan saja ya. Tk telah mengunjungi blog saya.

    Komentar oleh fadjarp3g | Desember 1, 2008 | Balas

  18. wah..pak fadjar ganti theme blog…so cool…

    Komentar oleh Rohmita | Desember 23, 2008 | Balas

    • Oh ya. Terima kasih. Kebih cool ya? Theme blog…tsb merupakan tema terbaru lho.

      Komentar oleh fadjarp3g | Desember 25, 2008 | Balas

  19. themesnya kok balik yang ini lagi pak?

    Komentar oleh mtamim | Januari 24, 2009 | Balas

  20. Pa Fadjar yang saya hormati…
    Dalam PBM Mat tentang persamaan linier satu variabel, saya menemukan kesulitan untuk menjelaskan (proses abstraksi dengan timbangan) tentang persamaan yang menggunakan tanda kurang misalnya 3x – 5 = 7, selama ini saya selalu menggunakan pendekatan dengan menggunakan timbangan seperti yang bapak contohkan pada pelatihan yang pernah saya ikuti namun itu hanya untuk penjumlahan, misalnya 3x + 5 = 17, atau 5x + 3 = 3x + 9, dengan menggunakan pendekatan ini menjadikan siswa lebih mudah untuk menentukan x yang memenuhi, bahkan sebelum saya menerangkan lebih jauh pun siswa sudah bisa menemukan jawabannya.
    Sebelumnya, atas bantuan/saran Bapak, saya ucapkan terima kasih

    Komentar oleh Ahmad Yusian | Januari 24, 2009 | Balas

  21. 1. Untuk pak M Tamim, ya kembali lagi, agar kata “Situsnya Guru Matematika” dapat muncul lkagi.
    2. Untuk Pak Ahmad Yusian, untuk kasus yang mudah, misalnya x – 3 = 5. Hal ini berarti, bahwa timbangan sebelah kanan berisi 5 bola, sedang uang di sebelah kiri berisi x bola namun ada 3 bola yang jatuh.
    Dengan ilustrasi gambar dimaksud, diharapkan anak akan bernalar bahwa jika 3 bola yang jatuh dimasukkan lagi untuk mendapatkan x bola di sebelah kiri, maka agar tetap setimbang, yang sebelah kaanan harus ditambah 3 bola juga. Jadi nilai x = 8.

    Komentar oleh fadjarp3g | Januari 25, 2009 | Balas

  22. Yth Pak Fadjar,
    Dalam beberapa literatur/buku Geometri terbitan luar negeri (Glencoe)yang saya baca, pada materi kesebangunan saya menemukan penjelasan bukti dua bangun yang sebangun pada sudut-sudutnya menggunakan istilah sudut kongruen (dengan lambang “kongruen”)tetapi di Indonesia beberapa literatur menyebutkan pembuktian sudutnya menggunakan lambang “=”, dan ketika saya tanyakan teman-teman guru malah mengatakan baru kali ini mendengar istilah “sudut kongruen”. Meskipun makna yang saya pahami bahwa sudut yang kongruen itu adalah sudut sama besar, tapi di Indonesia ini menurut saya konsepnya sudah rancu karena sudah terlanjur turun-temurun. Bagaimana ini pak? Mohon jawabanya.

    Komentar oleh Mulyati | Januari 29, 2009 | Balas

  23. Untuk Vivid, kalau saya sih baca buku, lalu mencoba-coba, Syukur kalu ada yang ngajari. Yang penting hareus berani untuk mencoba. Kalau salah cepat-cepat di ‘UNDO”. Ingat, kalau salah mencet komputer tidak akan meledak. Saya hanya bisa membantu, mudah2an bisa, jika ada kasus khusus yang akan ditanyakan. OK? SElamat berlatih.

    Untuk Ibu Mulyati, memang dalam literatur/buku Geometri terbitan luar negeri ada yang menggunakan istilah sudut kongruen (dengan lambang “kongruen”). Ya benar juga bahwa di Indonesia, digunakan notasi atau lambang “=”. Saya sependapat dengan Ibu bahwa sudut yang kongruen itu adalah sudut yang sama besar. Memang di dalam Matematika ada istilah Fakta atau kesepakatan. Contohnya:

    1. 2 + 3 x 10 = 2 + 30 = 32 dan bukan 5 x 10 = 50.
    2. 3 x 2 = 2 + 2 + 2 dan bukan 3 + 3. Di Jepang, kesepakatannya adalah 3 + 3.
    3. /_A = 30 derajad, di AS digunakan m /_A = 30 derajad.

    Saya pikir tidak akan rancu jika kita konsisten untuk menggunakan notasi yang dipilih. Akan rancu jika istilah yang digunakan berubah-ubah. Ya benar kita sudah sepakat untuk begitu. Istilah Ibu sudah terlanjur turun-temurun. Kalu diubah-ubah dan tidak konsisten malah akan kacau. Kecuali kita sepakat untuk mengubahnya. OK?

    Komentar oleh fadjarp3g | Januari 30, 2009 | Balas

  24. Mohon ijin nge-link blognya ya pak…

    Komentar oleh Atik | Januari 31, 2009 | Balas

  25. Terima kasih banyak pak penjelasannya. Sekalian mohon ijin untuk nge-link blognya ya pak!
    Maturnuwun

    Komentar oleh Mulyati | Januari 31, 2009 | Balas

  26. Untuk mbak Ati dan Ibu Mulyati, oh ya tidak apa2. Mudah2an usaha kita semua berhasil untuk ikut mencerdaskan bangsa.

    Komentar oleh fadjarp3g | Februari 2, 2009 | Balas

  27. Salam, gimana kabarnya kang fadjar ? walau tak pernah bertatap muka, moga persaudaraan kita kan langgeng slalu, giman kabar bapak ? kami di Pulau Sapeken slalu mendo’akan beliau. saya ingin sekali mengumpulkan semua tulisan Bapak seputar perjuangan beliau saat di Sapeken, sangat bagus jika ada berupa file yang kami bisa dapatkan, insya Allah bulan juni nanti kita adakan pameran photo di pesantren, mungkin Bapak punya photo kenangan saat di sapeken, senang rasanya jika bisa kami dapatkan. Makasih…
    oh ya saat ini saya di amanahkan di DPRD Kab Sumenep di Komisi D aleg dari kepulauan Sapeken dan insya Allah di calonkan kembali di 2009. mohon do’anya moga kita tetap komitmen dan teguh pada janji membawa masyarakat kepulauan jaya, mandiri dan islami. amin

    Komentar oleh nur asyur | Februari 18, 2009 | Balas

  28. WalaikumusSalam wr. wb. Alhanmduliilah, saya dan keluarga di Yogya dalam lindungan-Nya. Benar sekali. Walau tak pernah bertatap muka, semoga persaudaraan kita akan langgeng selalu. Ayahanda dan Ibunda sekarang di Jakarta. Terima kasih atas do’a untuk beliau dari teman, keponakan, dan saudara Ayahanda dan Ibunda di Pulau Sapeken. Mengenai tulisan dan perjuangan beliau saat di Sapeken, kayaknya sebagian ditulis dalam buku ulang tahun beliau yang ke-50 beberapa tahun yang lalu. Saat itu beliau sempat ke pulau Sapeken juga dengan Ibunda. kalau ingin menghubungi langsung dengan beliau tentang hal itu, dapat menghubungi adik saya, IIS di Jakarta. Mudah2an acara pada bulan juni nanti di pesantren mendapat ridha-Nya. Amin. Oh ya saya berdoa mudah2an dapat melaksanakan
    amanah di DPRD Kab Sumenep dan dapat memperjuangkan saudara-saudara seiman dari kepulauan Sapeken dan sekitarnya. Oh ya mudah2an berhasil lagi pada pencalonan kembali di 2009. Benar semoga kita tetap kommit dan teguh pada janji kita. amin

    Komentar oleh fadjarp3g | Februari 19, 2009 | Balas

  29. Assalamualaikum.wr.wb.

    Pak fadjar.. saya irfa, editor tinta emas publishing.
    Sekarang ini kami sedang membuka kesempatan kepada para guru, khususnya guru matematika SMA untuk mengirimkan tulisannya yang berupa naskah matematika SMA kepada kami.

    Adapun naskah yang kami cari ngga neko-neko kok pak, yang penting:
    1. sesuai dengan kurikulum yang berlaku;
    2. Orisinil;
    3. berbobot alias berisi;
    4. alur penyajiannya oke;
    5. otentik dan aktual;
    6. menggunakan metode/pendekatan pembelajaran yang “yahud”.

    Mengenai harga naskah, jadwal pengerjaan, dll bisa dibicarakan lebih lanjut.

    Mungkin bapak punya informasi mengenai guru-guru matematika SMA yang bisa kami ajak kerjasama, atau bapak sendiri berminat, mungkin…🙂

    Jika ada yang berminat, sampel naskah bisa dikirimkan melalui pos ke Tinta Emas Publishing Jl. Rajamantri Kaler 23 Buah Batu, Bandung 40264.
    Bisa juga via email ke alamat email saya: matir99@yahoo.com

    Info lebih lanjut, bisa menghubungi +62 22 7303024
    atau matir99@yahoo.com

    Kunjungi pula http://www.tintaemas.com

    Terima kasih banyak pak.
    Mudah-mudahan informasi ini berguna bagi siapapun yang membacanya.

    Wassalam.

    -irfa-
    editor Tinta Emas Publishing

    Komentar oleh irfa | Februari 20, 2009 | Balas

  30. Assamualaikum ww
    Pak Padjar! saya guru matematika SD saya ingin mencari modul atau artikel yang berisi tentang pembahasan soal-soal olimpiade matemtika. Bisakah Bapak membantu saya di mana saya bisa mendomnloadnya?
    Atas bantuan Bapak saya ucapkan terima kasih.

    Komentar oleh zaenal | Maret 7, 2009 | Balas

  31. mas tolong jelasin kooperatif tipe co-op co-op, bagaimana langkah pembelajarannya. saya lihat di makalah p3g karya mas widdiharto. matur nuhun

    Komentar oleh opiq | Maret 15, 2009 | Balas

  32. Kirain Fajar Sodiq temenku pa, wauw, tahunya ketemu dosen. Kenalin mbah, aku juga dosen🙄 Jeruk minum jeruk nih😀 Salam kenyal dah. Blognya keren + isinya juga. Let’s We Go!Blog.

    Komentar oleh WANDI rozaq | April 8, 2009 | Balas

  33. Blog yang menarik minat saya…., saya kasi link di blog saya ya mas…

    Komentar oleh adit38 | Agustus 16, 2009 | Balas

  34. Pa blog ya saya link ya, saya peserta diklat dr kal-sel

    Komentar oleh makmur fadli | Agustus 19, 2009 | Balas

  35. It’s hard to be a smart teacher, isn’t it? We have to get time for care our pupils.

    Komentar oleh Eman | Oktober 30, 2009 | Balas

  36. Terima kasih banyak Pak penjelasannya. Sekalian mohon ijin untuk nge-link blognya ya…… Pak!

    Komentar oleh r.semadhi | November 7, 2009 | Balas

  37. Bapak…Blognya saya link dan terima kasih atas penjelasannya saat diklat di Bali

    Komentar oleh R.Semadhi,Klungkung-Bali | November 7, 2009 | Balas

  38. assalamu’alaikum.. Apa kabar om Fajar…

    Komentar oleh maghfira | November 29, 2009 | Balas

    • Untuk Fira, alhamdulillah baik-baik. Ini Fira-nya Yu Tin kan?

      Komentar oleh fadjarp3g | Desember 1, 2009 | Balas

  39. TERIMA KASIH ATAS BANTUAN DAN INFORMASINYA, SEBAGAI TAMBAHAN LITERASI SAYA UNTUK KULIAH, WASALAM.

    Komentar oleh anang suprianto | Desember 6, 2009 | Balas

  40. Assalaamu ‘alaikum.
    Pak, kalau ada waktu boleh berkunjung ke blog saya (http://qedems.wordpress.com/). Saya mengisinya dengan tulisan Matematika (masih sedikit). Dimohon tanggapan dan saran Bapak. Terimakasih!

    Komentar oleh Sulaeman | Maret 1, 2010 | Balas

    • Oh ya. Bagus pak Sulaeman. Berkait dengan penyelesaian soal atau masalah ya. Maju terus.

      Komentar oleh fadjar | Maret 8, 2010 | Balas

  41. assalam…
    pak, saya tertarik dengan bahan2 yang ada di blog bapak,,
    saya seorang mahasiswa S1 pendidikan matematika,, skarang saya dalam tahap penyusunan skripsi,..
    saya tertarik dengan penggunaan microsoft word 2007 dalam pembelajaran matematika,, tetapi saya kesulitan bahan tentang itu.. apakah bapak ada referensi tentang bahan tersebut???

    Komentar oleh zuraini juita | Maret 9, 2010 | Balas

  42. Assalamualaikum…Pak Fadjar
    sy mahasiwa S1 sedang dalam penyusunan tugas akhir…
    sy mengalami kesulitan dalam mencari referensi tentang kualifikasi kemamampuan matematika yang harus dikuasai oleh siswa tingkat sekolah dasar menurut para ahli matematika…
    besar harapan sy Bpk bisa membantu sy…terima kasih

    Komentar oleh Nasrullah | April 2, 2010 | Balas

  43. salam kenal pak, dari guru SD kelas lima di bawah gunung rinjani, pulau lombok. pak, ada bahan gak buat belajar konsep matematika untuk SD? mohon bimbingannya

    Komentar oleh rusydi hikmawan | Juni 6, 2010 | Balas

  44. Assalamu’alaikum, wr.wb.
    Salam kenal pak.
    Saya mahasiswi yg akan membuat tugas akhir. InsyaAllah dimulai semester depan.
    Saya sedang mencari sumber tentang pembelajaran matematika, khususnya Geometri dengan pendekatan PACE (Project, Activity, Cooperaive, Exercise) untuk siswa SMP.
    Jika bapak tidak keberatan, saya mengharapkan dapat bertukar pikiran dengan bapak, karena ada yang ingin saya tanyakan untuk model pembelajaran tersebut.
    Terimakasih

    Komentar oleh Fadilah | Juni 25, 2010 | Balas

  45. Assalamu’alaikum…

    Salam kenal, saya seorang guru matematika dan sedang belajar menjadi blogger di bidang saya itu. Semoga saya bisa berkesempatan bertemu dengan bapak di P4TK Matematika ya :)!
    Izin link blognya saya pasang di blog saya: http://matematikamenyenangkan.com dan saya tunggu kunjungan, saran dan kritik bapak buat blognya!
    Trimakasih.

    Wassalamu’alaikum…

    Komentar oleh ayasofa | Juli 15, 2010 | Balas

  46. penampilan yang menyakinkan dan berkarakter saat bp mengajar kami tentang Aplikasi Teori Belajar dan Prinsip-prinsip Pembelajaran Matematika 23 Juli 2010 di Dikalat Guru Pemandu Matematika Angkatan ke28 P4TK mat, hampir 100% sy perkirakan Bp lupa dengan sy(duduk di depan pas tempat bp mengjar), namun sy tidak akan lupa, Terima Kasih atas Semua bimbingannya mohon do’anya. alamat web sy http://www.bchree.wordpress.com.sukron katsir

    Komentar oleh bchree | Agustus 5, 2010 | Balas

  47. Assalaamu ‘alaikum!
    Selamat menunaikan ibadah puasa.
    Pak, saya mencoba ganti baju di sini http://mathproblemssolution.com/. Silakan berkunjung!

    Komentar oleh Kalakay | Agustus 30, 2010 | Balas

  48. kok ngak pernah di Update ust? thos pundi kambare ust?wilujung?

    Komentar oleh bchree | September 7, 2010 | Balas

  49. Assalamu ‘alaikum Wr. Wb
    Apa Kabar Pak Fadjar, Semoga selalu sehat dan bugar
    Alhamdulillah saya sudah dapat mengakses situs PPPPTK Matematika, termasuk Blok Bapak, maklum di tempat saya ngajar, baru bisa terkoneksi internet itupun dengan biaya mahal (Tapi sekolah yang nanggung)
    Oh ya pak, saya pernah belajar di PPPPTK Matematika Peserta Kaltim asal PPU. Alhamdulillah saya semakin terbantu dalam mengajar matematika,
    Semoga dapat bertemu lagi di PPPPTK Matematika
    PPPPTK Matematika semoga semakin jaya dan sukses dalam memberikan pemahaman matematika kepada guru khususnya
    Wassalamu ‘alaikum Wr. Wb

    Komentar oleh Abdul Hamid | September 24, 2010 | Balas

  50. Ini pertama kali saya mebuka blog Bapak. Blog yang menarik, sarat dengan informasi yang bisa diperoleh berkaitan dengan pembelajaran Matematika. Insya Allah setelah selesai Diklat ini saya akan mencoba membuat blog sendiri untuk sering informasi dan pengalaman demi pekembangan Matematika yang lebih baik. Terima kasih Kepada QITEP in Math khususnya Bpk Fajar Shadiq tlah menginspirasi saya untuk berbuat lebih baik lagi dalam memamfaatkan dan mengemangkan ICT dalam Pembelajaran.
    Salam Persahabatan,
    Rusli, S.Pd (Peserta Diklat Qitep in Math 2010 dari Jakarta)

    Komentar oleh Rusli, S.Pd | Oktober 9, 2010 | Balas

  51. mohon izin diunduh ya file-filenya ya pak. Terima Kasih.
    http://www.smpn1akabiluru.wordpress.com/
    M. Isral (peserta diklat guru pengembang matematika smp angkatan 25 27 Oktober s/d 9 Nov 2010.

    Komentar oleh M. Isral | Oktober 28, 2010 | Balas

  52. terima kasih atas posting artikelnya…saya guru SDIT di jakarta…salam kenal ya pak…mungkin bisa sharing-sharing…maklum masih butuh banyaj bimbingan untuk menjadi guru yang SUPER…

    Komentar oleh ira | Desember 28, 2010 | Balas

  53. Assalamu alaikum pak, saya juga guru matematika, saya sangat tertarik dengan keahlian bapak, terutama dalm matematika. Tengok juga blog saya pak. saran dan bimbingan bapak saya tunggu. makasih

    Komentar oleh labarasi | Desember 30, 2010 | Balas

  54. Assalamualaikum, setelah membaca blog Bapak banyak menginspirasi saya tuk harus melakukan sesuatu… Ternyata dengan pendidikan matematika bisa mengantarkan kita tuk study tour ke luar negeri…ingin rasanya tuk bisa melanjutkan study di luar negeri…

    Curtin University of Technology i wanna go there,,,,

    Kalo boleh tau, bagaimana prosedur ntuk dapat beasiswa kesana ya Pak..terutama tuk yg masih bebas dan belum terikat dinas.

    Salam,

    Nova, Pascasarjana UPI Bdg

    Komentar oleh nova | September 7, 2011 | Balas

  55. Semoga Pak Fadjar sehat wal afiat!
    Pak, bagaimana bentuk penghargaan kepada guru-guru yang menerbitkan blog Matematika?

    Komentar oleh Kalakay | Februari 28, 2012 | Balas

  56. Assalamu’alaikum Pak Fadjar;
    Bapak adalah salah satu orang yang memberikan inspirasi matematika terbaik buat saya;
    Terima kasih pak,
    Gunanto
    Gunung Madu
    Lampung Tengah

    Komentar oleh Gunanto | Januari 10, 2013 | Balas

  57. pak ada buku matematikan dengan judul
    Muhsetyo, Gatot. 2005. Materi Pokok Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas
    terbuka.
    Sa’dijah, Cholis. 1999/1998. Pendidikan Matematika II. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti
    Proyek PGSD.
    Karim, Muchtar A. dkk. 1996/1997. Pendidikan Matematika 1. Jakarta: Penerbit Depdikbud
    Dirjen Dikti BPPPGSD

    Komentar oleh M. Maulidi | Januari 15, 2013 | Balas

    • Assalamu’alaikum wr wb. Pak Fajar, saya mohon bantuan daftar buku-buku referensi matematika untuk guru matematika tingkat SMP. Kami dari SMP Satya Dharma Sudjana Gunung Madu ingin menambah koleksinya. Terima kasih. Gunanto

      Komentar oleh gunanto _75 | Januari 16, 2013 | Balas

  58. Om Fajar, waktu Mbah Sahwan ke Jogja n diantar Jum’atan sama Lili beberapa tahun yang lalu, sempat membuat foto bersama sama Mbah Sahwan. Kapan2 fotonya tak kirim via email. Kasih alamat email ya Om…

    Komentar oleh Hasrul Halili | Februari 22, 2013 | Balas

  59. Assalamualaikum,, Blog yang sangat menginspirasi. terima kasih pak atas ilmunya.

    Komentar oleh Harina Fitriyani | Maret 5, 2013 | Balas

    • Terima kasih ibu dukungannya. Salam dari Uni of Tsukuba untuk teman2 di UAD.

      Komentar oleh fadjarp3g | Maret 5, 2013 | Balas

  60. Having read this I thought it was rather informative.
    I appreciate you finding the time and effort to put this information
    together. I once again find myself spending a significant amount of time both reading and posting comments.
    But so what, it was still worthwhile!

    Komentar oleh web page | Juni 10, 2013 | Balas

  61. assalamualaikum pak…
    saya sudah membaca blog bapak, gini pak saya mau tanya kalo referensi tentang jenis kesalahn siswa dalam mengerjakan matematika itu bukunya apa ya???
    buat panduan skripsi ni pak, atas jawabnnya terimakasih.

    Komentar oleh indah | November 24, 2013 | Balas

  62. assalamualaikum pak,,,
    klo boleh saya mau tanya, saya itu sedang skripsi dan ingin meneliti tentang analisis kesalahan siswa dalam mengerjakan soal matematika. tapi saya belum juga nemu buku yang tepat, kira2 kalo bapak bisa memberikan saran buku referensi yang tepat judulnya apa ya???
    terimakasih atas jawabanya pak…
    wassalamualaikum wr.wb

    Komentar oleh ina | November 24, 2013 | Balas

  63. Salam kenal bpk….sy pendidik perantau d pulau borneo

    Komentar oleh Rahma | Oktober 25, 2015 | Balas

  64. Salam kenal buat rekan-rekan guru Matematika. Untuk membuat dokumen matematis yang baik, saya menggunakan LaTeX. Silakan berkunjung ke http://menulislatex.blogspot.com/.

    Komentar oleh Kalakay | Oktober 30, 2015 | Balas

  65. Mhn bantuan share berbagi pengalaman bpk untuk qitep,,,kebetulan saya terpilih untuk science classroom supervision dan ini pertama kali sekali,,,apakah bpk bisa memberikan sedikit informasi ttg country report…ini email saya isure_kul21@yahoo.com.mksh,,saya cuma punya waktu 2 hari,,,karena hari selasasudah harus tiba di tempat diklath

    Komentar oleh ifensure | Juli 14, 2016 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: